Apa Itu Parenting ? Parenting Kunci Sukses Anak !!

Posted on August 22, 2017 by Yasmin Hospital in Uncategorized

Pengertian parenting (pola asuh anak) adalah proses membesarkan dan mendukung perkembangan fisik dan mental yang juga meliputi emosional, sosial, spiritual dan intelektual anak dari bayi hingga dewasa. Tentu saja tujuannya untuk menghasilkan generasi muda atau anak-anak yang cerdas, bukan saja cerdas intelektual tetapi juga cerdas emosional dan spiritualnya. Gaya pengasuhan anak pun memiliki peranan penting, anak yang mendapatkan pengasuhan yang baik, biasanya juga memiliki budi pekerti, sopan santun yang baik dan pola asuh yang tepat dapat mengantarkan buah hati kita untuk mencapai kesuksesan dalam sekolah dan masadepannya.

Orang tua kandung biasanya memiliki peran paling penting dalam parenting, meskipun mungkin peran itu bisa dilakukan oleh kakak, nenek, bibi, paman atau anggota keluarga lainnya, atau bahkan seorang pengasuh atau asisten rumah tangga. Dalam kasus tertentu, seperti anak yatim piatu atau anak-anak yang ditinggalkan oleh orangtuanya menerima pengasuhan dari orang tua asuh. Ada yang diadopsi, diangangkat sebagai anak asuh, atau ditempatkan di panti asuhan.

Dalam proses parenting, gaya orangtua dalam mengasuh anak memilki banyak perbedaan. Gaya dalam pengasuhan anak itu akan terlihat dalam kehidupan sehari-hari anak, sikap dan perilaku anak merupakan hasil dari sistem pengasuhan yang diterapkan orangtua. Kelas sosial, tingkat kesejahteraan, budaya orangtua dan lingkungan sekitar memiliki pengaruh yang kuat pada metode parenting seperti apa yang diterapkan oleh orang tua. Berikut ini beberapa metode pengasuhan yang biasanya berkembang di masyarakat:

Gaya pengasuhan anak yang Otoriter

Gaya pengasuhan anak seperti ini sangat kaku karena memiliki segudang aturan ketat yang harus dituruti anak. Gaya parenting ini ada karena sikap orangtua yang otoriter. Mereka memberikan tuntutan yang tingi kepada anak dan itu harus dipenuhi, disamping itu mereka sama sekali tidak peka terhadap kebutuhan emosional dan kasih sayang anak. Jika aturan mereka dilanggar, biasanya akan ada hukuman bagi anak. Hukumannya mungkin biasa, tapi secara psikologis anak terluka, karena biasanya tidak ada penjelasan logis bagi anak tentang mengapa ia bersalah, pokoknya “Karena saya bilang begitu, kamu harus mengikuti” atau “Kalau saya bilang salah, ya salah!” Anak-anak yang dibesarkan dalam keluarga atau lingkungan rumah bergaya otoriter, biasanya tampil kurang ceria, selalu murung, dan lebih rentan stres.

Gaya pengasuhan anak yang Permisif

Gaya pengasuhan anak yang permisif cenderung memanjakan anak. Anak lebih bebas menetukan keinginannya dan mengemukakan pendapatnya. Dalam gaya parenting ini, peraturan orangtua sangat ringan bahkan cenderung memiliki pengawasan yang tidak ketat. Semua keinginan anak hampir semuanya dituruti dengan mudah, yang penting anak tidak mengalami kesulitan dan kesusahan. Anak-anak dari orangtua yang permisif pada umumnya anak-anak bahagia, tetapi mereka memiliki kontrol yang rendah terhadap diri sendiri dan tidak memiliki kemandirian yang baik.

Gaya pengasuhan anak yang Otoritatif

Pada metode ini orangtua yang otoritatif lebih mengedepankan logika dan pikiran positif dan jarang menggunakan hukuman. Orangtua lebih bisa membaca perasaan dan kemampuan anak, dan orang tua juga mendukung perkembangan anak dalam banyak hal. Orangtua dan anak menjalin komunikasi yang sangat baik dengan kontrol dan dukungan yang seimbang. Dalam berhubungan dan mejalin kedekatan dengan anak, orang tua otoritatif melibatkan emosi, melibatkan hati.

Dari 3 metode/gaya pengasuhan anak diatas Manakah yang terbaik ? Apakah metode yang otoriter ? metode permisif? ataukah Metode otoritatif ??? Adakah dampak positif atau negatif dari masing masing metode diatas? Bagaimana Mengatasasi anak yang hiperaktif? Bagaimana Menjawab pertanyaan anak yang susah untuk dijawab ? Bagaimanakah metode yang efektif agar anak kita rajin belajar ? simpan pertanyaan anda dan

Mari ikuti seminar Parenting RUMAH SAKIT YASMIN bersama YASMIN WOMANSCLUB dengan Tema 

“For Your Child’s Succes in School & Life”
Bersama
Pemerhati Anak dari Surabaya
Kartika Winahyu dan Ibu Nancy
Sabtu, 6 Agustus 2016
Pukul 08.00-Selesai
Tempat, Hall Ijen Hotel Santika Banyuwangi
Tiket Undangan
Umum Rp.50.000,- (Coffe Break,copy materi+Sertifikat)
VIP Rp.100.000.- (GoodyBag+Produk Sponsor,Kupon Doorprice,Diskon Member Ywc 20%,Copy Materi,Coffe Break+Sertifikat)

Dapatkan Segera Tiket Undangan
Sekarang juga peserta terbatas
Info Lengkap
RS Yasmin Jalan Letkol Istiqlah 80-84 Tlp 424671 | Bapak Fikri 08113575310 |  Ibu Mamik Mamik  082126241520

ig : @yasminhospital @yasminwomansclub  | FB :  Yasminhospital , Yasminwomansclub

Acara ini persembahan Yasmin Woman’s Club, Learn and Growth Together

supported : Hotel Santika | NuSkin | Parfum Gue | Blambangan FM | Vis Fm

sumber :  http://www.asuhanak.com/2015/01/pengertian-parenting-dan-gaya.html

Pencarian Artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>