APAKAH PERAWATAN ORTODONTI ITU ?

Posted on April 25, 2016 by Yasmin Hospital in Uncategorized
  • APAKAH PERAWATAN ORTODONTI ITU?

Ortodonti adalah suatu cabang ilmu kedokteran gigi yang secara khusus mempelajari  diagnosis, pencegahan dan perawatan ketidakteraturan atau ketidak harmonisan gigi dan wajah.Perawatan ortodonti (merapikan gigi atau kawat gigi) bertujuan untuk memperbaiki kesehatan rongga mulut, fungsi kunyah, estetika wajah, fungsi bicara, dan susunan geligi.

  • KAPAN WAKTU YANG TEPAT UNTUK MELAKUKAN PERAWATAN ORTODONTI?

Konsultasi awal sebaiknya dilakukan pada usia kurang lebih 7 tahun, ada anggapan yang salah pada masyarakat yang mengatakan bahwa gigi permanen harus tumbuh semua untuk bisa dirawat ortodonti. Kenyataannya, ada kasus-kasus tertentu yang perawatannya harus dilakukan sedini mungkin karena memanfaatkan faktor pertumbuhan.

Ada beberapa kebiasaan jelek pada anak-anak yang harus segera dihentikan, antara lain:

- mengisap ibu jari dan bibir bawah yang bisa menyebabkan ..tongos

- menggigit kuku/pensil yang bisa menyebabkan 1/2 gigi ..maju

- bernafas melalui mulut, dll.

Secara umum perawatan ortodonti dapat dilakukan pada umur berapun asalkan jaringan penyangga gigi sehat dan gigi tidak goyang.

  • SIAPAKAH SPESIALIS ORTODONTI (ORTODONTIS)?

Spesialis Ortodonti adalah seorang dokter gigi yang telah menjalani pendidikan formal spesialisasi ortodonti selama kurang lebih 4 tahun dan pelatihan keterampilan klinik serta penelitian di bidang ortodonti. Seorang dokter gigi Spesialis Ortodonti biasanya mencantumkan sebutan spesialisasinya di papan prakteknya dengan tulisan Drg. Sp.Ort.

dirumah Sakit Yasmin Banyuwangi mempunyai dokter spesialis ortodonti yaitu drg. Adelia Herminawaty, Sp.Ort

  • BERAPA LAMA PERAWATAN ORTODONTI?

Lama perawatan ortodonti tergantung parah atau ringannya kasus. Apabila kasusnya tidak parah rata-rata perawatan diperkirakan sekitar 1-2 tahun, tetapi pada kasus yang parah bisa lebih lama. Selain itu faktor ketaatan pasien untuk kontrol dan mengikuti instruksi yang telah diberikan juga mempengaruhi lamanya perawatan ortodonti.

  • ADA BERAPA MACAM ALAT ORTODONTI?

Terdapat dua macam alat ortodonti yaitu alat ortodonti lepasan dan alat ortodonti cekat.

Alat lepasan digunakan terbatas pada kasus yang ringan saja. Pada anak-anak untuk mengoreksi kelainan letak satu atau beberapa gigi. Dapat juga digunakan setelah perawatan ortodonti aktif selesai, biasanya disebut retainer. Alat cekat dapat digunakan pada sebagian besar kasus kelainan susunan gigi dengan hasil yang memuaskan, hampir pada semua usia. Perawatan alat ortodonti lepasan bisa dilakukan oleh dokter gigi umum, sedangkan ortodonti cekat sebaiknya dilakukan oleh dokter gigi Spesialis Ortodonti.

  • APAKAH YANG HARUS DILAKUKAN SELAMA PERAWATAN ORTODONTI?

• Menjaga kebersihan mulut

• Menjaga cara makan (makanan dipotong kecil-kecil dulu)

• Menghindari makanan yang lengket dan keras (misalnya dodol, permen karet, kripik)

• Kontrol teratur untuk menghindari efek samping perawatan yang tidak diinginkan

APAKAH SUSUNAN GIGI SETELAH PERAWATAN ORTODONTI DAPAT KEMBALI KE LETAK SEMULA ?

Setelah perawatan ortodonti selesai biasanya dipasang alat yang disebut retainer untuk mempertahankan posisi gigi yang sudah baik supaya tidak kembali seperti semula atau biasa dsebut relaps. Lama pemakaian retainer 1-2 tahun atau bisa lebih lama tergantung berat ringannya kasus. Gigi yang rapi sesudah perawatan ortodonti dapat kembali seperti semula apabila pasien tidak memakai retainer atau pasien tidak mengikuti cara pemakaian yang dianjurkan oleh Ortodontis yang merawat.

POLI ORTODONTI  RS YASMIN :
drg. Adelia Herminawaty, SpOrt     Pagi : Selasa & Jum’at     11.00 – 13.00 WIB

Pencarian Artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>