Banyuwangi hari ini, Dharma Wanita Kartinian Bareng Yasmin woman Club

Posted on September 5, 2017 by Yasmin Hospital in Artikel

BANYUWANGI – Seiring dengan moment Hari Kartini, 21 April yang jatuh pada hari Senin kemarin Dharma Wanita Persatuan (DPW) Kabupaten Banyuwangi ikut memperingatinya dengan menggelar bermacam lomba terkait keteladanan Kartini. Diantaranya, lomba membuat cerita tentang Kartini Masa Kini dengan tema, Perempuan dan Karir, Perempuan dan Politik, Perempuan Berwiraswsata dan Perempuan dan Rumah Tangga.

Lomba yang digelar di Garden Café Rumah Sakit Islam Yasmin ini, berlangsung sangat meriah karena diikuti seluruh anggota Dharma Wanita dari seluruh SKPD. Selain membuat naskah para peserta juga membacakan naskahnya dengan berbagai ekspresi. Dari 69 peserta, yang berhasil menyabet juara I, Zuroida Imawan (DPW) Balai Pelatihan Pendidikan Perikanan (BPPP) Bangsring. Juara II, Cahyaning Rustam DPW Dinas Peternakan dan Juara III, Titik Purwaning DPW Kecamatan Glenmore. Sedangkan Juara Harapan I, II dan III, masing-masing diraih Lilik Subekti Sudirman (DPW Dispendik), Yayuk Nengah Adnyana dan Yuyun Choir Effendi dari DPW Inspektorat.

Menurut Ketua DPW Kabupaten Banyuwangi, Ny Susi Slamet Kariyono, lomba-lomba yang digelar DPW ini merupakan agenda rutin DPW. Namun karena bulan ini sebagai bulan Kartini, DPW menggelar berbagai event yang berkaitan dengan Kartini. “Untuk lomba membuat naskah ini, kami maksudkan agar para ibu-ibu lebih menghayati perjuangan Kartini. Boleh beremansipasi, tetapi jangan pernah melupakan kodratnya sebagai kaum wanita yang HARUS melayani suami dan mengurus rumah tangga,” jelas Ny Sekkab Slamet Kariyono ini.

Dharma Wanita Persatuan ini, kata Ny Susi Kariyono, satu-satunya wadah organisasi yang menghimpun dan membina isteri PNS. “DPW merupakan organisasi yang potensinya sangat besar sekali, punya kualitas, kuat dan tangguh. Memiliki kepekaan dan kepedulian tinggi untuk berjuang meningkatkan kualitas bangsa,” ujar Ny Susi.

Sementara itu, Penasehat DPW Kabupaten Banyuwangi, Hj Dani Azwar Anas, menyatakan lomba yang digelar panitia DPW ini menunjukkan sebagai bukti perempuan sekarang telah beremansipasi sesuai cita-cita Kartini. Banyak sekali saat ini yang telah dilakukan wanita untuk memperjuangkan kaumnya. “Sebagai kaum wanita kita harus bangga dengan perjuangan Kartini. Yang perlu diingat, Kartini bukan hanya wanita karier atau perempuan pekerja.  Tetapi, Ibu rumah tangga juga salah pejuang wanita yang mulia. Karena keberhasilan suatu bangsa berasal dari Keluraga yang tak lepas dari peran Ibu Rumah Tangga. Karena itu jangan pernah minder jadi Ibu Rumah Tangga, Ibu Rumah Tangga sangat luar biasa perannya. Mudah-mudahan semangat Kartini tetap membara agar bisa mewujudkan generasi yang sholeh dan sholehah,” tutur Hj Dani Azwar Anas.

Selain lomba membuat naskah, peringatan Kartini ini juga dimeriahkan dengan Fan Game. Fan Game yang bekerja sama dengan Women’s Club For Women, menampilkan lomba tarik tambang, Nang Ning Nong, dan Permainan Spongebob. Sebagai penghargaan atas jerih payah parah ibu-ibu yang telah berlomba, panitia memberikan puluhan doorprize. Mulai perlengkapan kecantikan dari Wardah Cosmetic, payung cantik dari Bank Jatim, mangkok keramik ware dan banyak lagi.

Selain kepada ibu-ibu, Women’s Club For Women, JUGA memberikan penghargaan kepada tiga perempuan yang dianggap ikut memajukan Banyuwangi. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, HJ Dani Azwar Anas, Ketua DPW Kabupaten Banyuwangi, Ny Susi Slamet Kariyono dan Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Ny Minuk Widiyatmoko.

Selain lomba-lomba, DPW juga memeriahkan peringatan Kartini dengan memberikan pendidikan kesehatan kepada ibu-ibu. Edukasi pendidikan ini, menghadirkan psikolog Andreina Marcelina dengan memberikan pencerahan dengan topik “Stres Pada Perempuan”. (Humas Protokol)

Sumber : banyuwangikab.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>