Banyuwangi Hari Ini, Penyebab dari Flu, Bersin Bersin di pagi Hari

Posted on August 26, 2017 by Yasmin Hospital in Artikel

Beberapa hari ini ada beberapa pertanyaan dari jejaring soasial kami twitter : @yasminhospital dan facebook www.facebook.com/yasmin.hospital, tentang Penyebab dari Flu, Bersin Bersin di pagi Hari

berikut akan kami bahas pada artikel kali ini.

Bersin di pagi hari bisa jadi merupakan kejadian yang biasa dialami oleh penderita alergi dan terjadi selama beberapa menit setelah bangun tidur. Penderita alergi di hidung sering menglami bersin-bersin, terutama jika pada saat tidur orang tersebut terpapar alergi.Kondisi ini kadang disertai dengan pilek, hidung gatal, mata sembab, berair dan hidung yang memerah. Tetapi jarang ditemui gejala ini berlangsung sampai siang atau bahkan sepanjang hari.

Ada beberapa Kondisi atau atau penyebab mengapa seseorang bersin-bersin di pagi hari, yaitu:

1. Orang yang sudah memiliki alergi sebelumnya sering kali mengalami ini karena terpapar debu dalam rumah, serbuk sari, udara dingin, tungau, bulu binatang atau udara kotor yang terhidup pada saat tidur.

2. Bentuk reaksi tubuh yang normal karena selama tidur suhu tubuh seseorang akan turun.

3. Silia atau rambut halus dalam rongga hidung dan sinus yang berfungsi untuk mengeluarkan kotoran dan lendir memperlambat gerakannya pada saat tidur. Setelah bangun, tubuh berusaha mengeluarkan debu yang terkumpul sehingga tejadilah berrsin-bersin.

4. Tubuh sensitif terhadap udara dingin pagi hari atau saat seseorang baru selesai mandi.

Seseorang perlu mengetahui dulu apa sebabnya ia bersin-bersin dipagi hari setelah itu baru bisa menentukan terapinya. Yang paling sering menjadi penyebab bersin-bersin dipagi hari adalah alergi.

Dan juga bersin bersin dipagi hari juga tidak bisa dibiarkan saja, Karna bisa jadi bersin bersin dipagi hari dan gatal pada mata merupakan Gejala dari Penyakit Sinusitis.

Alergi adalah suatu reaksi hipersensitivitas atau terlalu sensitif terhadap kondisi, protein atau zat tertentu. Antibodi dalam tubuh mendeteksi zat tersebut sebagai ancaman sehingga membentuk sistem pertahanan, salah satunya adalah bersin-bersin

Sebelum bersin, alergen (penyebab alergi) akan kontak dengan lapisan hidung dan memicu berbagai reaksi kimia rumit pada sistem kekebalan tubuh. Reaksi kimia ini akan menimbulkan proses alergi yang salah satunya adalah gatal-gatal di hidung yang menjadi peyebab bersin.

cara lain untuk mengeluarkan alergen adalah dengan menghasilkan lendir yang mengalir ke belakang tenggorokan. Lendir yang terlalu banyak akan merangsang respons batuk. Ini sebabnya bersin dipagi hari dapat disertai dengan batuk.

Setelah menjelang siang suhu tubuh naik kembali, fungsi imun membaik terutama setelah sarapan sehingga bersin-bersin hanya terjadi pada pagi hari saja.

Apabila Flu, Bersin bersin semakin parah sebaiknya segera konsultasi ke dokter Spesialis THT

POLI THT RS YASMIN

dr. Mashari, SpTHT  : • Pagi : Senin – Jum’at On Call

                                          •  Malam : Senin – Jum’at 19.00 – 21.00 WIB

Tagged as , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>