Banyuwangi Hari Ini, Sekilas tentang VERTIGO

Posted on September 6, 2017 by Yasmin Hospital in Artikel

Vertigo ?

Biasanya Orang awam mengenal dengan istilah sederhana sebagai gangguan keseimbangan, dan dalam penjelasan medis Vertigo adalah persepsi gerakan seseorang atau lingkungan sekitar yang salah, berupa rasa berputar, bergoyang, melayang, atau mengambang.berikut pemaparan yang disampaikan oleh dr. Noviyanti Eka Wardani, SpS. dr Spesialis Saraf Rs Yasmin tentang Vertigo. Vertigo bisa berdiri sendiri atau disertai gejala lain seperti telinga berdenging, tuli, mual, muntah, berkeringat dingin, dan muka pucat.

Vertigo merupakan salah satu gangguan sistim keseimbangan tubuh, yaitu sistim yang berfungsi untuk mempertahankan orientasi tubuh dan bagian-bagian tubuh dalam hubungannya dengan lingkungan sekitar.

Gangguan keseimbangan tubuh yang lain adalah:

  • disequilibrium, penderita merasa berdiri tidak stabil (mau jatuh), yang diakibatkan oleh gangguan pada alat gerak bawah (tungkai)
  • sinkop, yaitu perasaan akan pingsan yang disebabkan berkurangnya aliran darah ke otak

Sistim yang mengatur keseimbangan tubuh terdiri dari:

  • reseptor alat keseimbangan: mata, telinga, otot, tulang
  • saraf aferen: saraf vestibularis, saraf optikus, saraf spinovestibuloserebelaris
  • pusat keseimbangan: inti vestibularis, serebelum, korteks serebri

Penyebab terjadinya vertigo

  • penyakit pada alat keseimbangan tubuh di telinga (labirin, saraf vestibularis), misalnya pada vertigo posisional, radang labirin, radang saraf vestibularis
  • penyakit pada pusat keseimbangan: misalnya stroke, tumor otak

 Gejala vertigo

Vertigo akibat gangguan pada alat keseimbangan di telinga adalah jenis vertigo yang paling sering sering dijumpai. Gejalanya berupa rasa berputar yang hebat, muncul mendadak, episodik, dengan perubahan posisi kepala. Sering disertai mual, muntah, berkeringat, telinga berdenging, dan ketulian. Biasanya tidak dijumpai tanda fokal otak seperti lemah separuh tubuh, melihat ganda, pelo, mulut mencong, atau kesemutan.

Vertigo yang disebabkan oleh gangguan pusat keseimbangan biasanya berupa rasa berputar yang ringan, munculnya lambat, dan tidak dipengaruhi gerakan kepala. Vertigo jenis ini jarang disertai mual, muntah, dan gangguan pendengaran. Biasanya sering ditemukan tanda fokal otak pada pemeriksaan.

Sedangkan vertigo yang disebabkan oleh gangguan alat keseimbangan tubuh yang lain (sistem visual, propioseptif/otot dan rangka) biasanya berupa rasa bergoyang, melayang yang berlangsung terus menerus tanpa ada rasa mual, muntah, dan biasanya dicetuskan oleh gerakan benda disekitarnya (misalnya saat berada di keramaian).

 Pengobatan

Pengobatan dilakukan sesuai dengan jenis vertigo dan penyebabnya. Biasanya terdiri atas pemberian obat untuk mengurangi gejala atau mengatasi penyebabnya, disertai dengan latihan fisik rehabilitasi untuk adaptasi sistim keseimbangan.

Poli Saraf  :  dr. Noviyanti Eka Wardani, SpS

                        Pagi : Senin – Jum’at 10.00 – 13.00 WIB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>