Fakta atau Mitos, Sakit Kepala Pertanda Tumor/Kanker otak ?

Posted on September 4, 2017 by Yasmin Hospital in Artikel

Mitos bahwa sakit kepala merupakan pertanda kanker otak atau tumor otak tidaklah benar. Nyatanya 99% sakit kepala tidaklah disebabkan oleh Kanker otak. Sebaliknya sakit kepala paling sering disebabkan oleh stress, migrain atau adanya sebab lain seperti sinusitis dan lain-lainnya. Namun pada sebuah penelitian di rumah sakit Miami,USA, pada setiap 4000 orang anak yang mengalami sakit kepala,ternyata ada 1 orang yang menderita tumor otak.

Akan tetapi tentu saja tidak sesederhana itu untuk menentukan apakah sakit kepala anda disebabkan oleh kanker otak. Bahkan 50-60 % penderita tumor otak justru tidak mengalami sakit kepala. Berikut adalah beberapa gejala yang bisa diwaspadai sebagai gejala tumor otak,namun tidak memastikan anda menderita tumor otak. Sebab untuk mendiagnosa penyakit tumor otak diperlukan serangkaian pemeriksaan medis dokter secara teliti dan akurat.

Gejala yang perlu segera dikonsultasikan ke dokter :

  • Sakit kepala yg anda rasakan ini adalah sakit kepala pertama kali yg anda rasakan  dalam hidup anda.

Jika anda biasanya tidak pernah sakit kepala atau sakit kepala yg anda rasakan saat ini berbeda jenisnya dengan sakit kepala biasanya,maka segeralah berkonsultasi ke dokter untuk memastikan penyebab dan mengatasinya.

  •  Sakit kepala anda disertai gejala lainnya

 Penderita tumor otak biasanya tidak mengalami 1 macam gejala sakit kepala saja, tetapi ada gejala lainnya yg menyertai seperti mual, muntah, kejang, sulit berbicara, kelumpuhan/kelemahan di tungkai atau ada gangguan penglihatan.

  •     Sakit kepala anda mulai dirasakan sejak bangun pagi.

Biasanya penderita tumor otak merasakan sakit kepala dipagi hari yg disertai dg mual dan muntah,namun gejala tersebut mereda dg sendirinya di siang hari. Justru sakit kepala yg berlangsung sepanjang hari,bahkan memburuk di sore hari biasanya tidak berhubungan dengan adanya tumor otak melainkan terkait dengan stress harian biasa.

  • Sakit kepala anda semakin memburuk setiap harinya

selama berhari-hari,berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.ika anda merasakan sakit kepala yg demikian,hal tersebut merupakan peringatasn akan perlunya konsultasi ke dokter segera.

  •  Anda merasa ada yg tidak lazim dengan sakit kepala anda.

Anda bisa saja tidak mengalami gejala sakit kepala yg seperti dijelaskan di poin sebelumnya. Namun anda merasakan ada yg tidak beres pada diri anda, segeralah konsultasikan ke dokter. Ikutilah petunjuk pemeriksaan dokter dengan baik dan bila memang dokter sudah memastikan bahwa tidak ada tumor otak maka anda perlu berlega hati dan jangan terus memikirkan bahwa anda menderita tumor otak.

Tagged as , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>