Gangguan Tubuh ketika Diabetes Menyerang

Posted on September 15, 2017 by Yasmin Hospital in Artikel

Banyuwangi Hari Ini, Tidak ada seorang pun yang ingin menjalin hubungan dengan diabetes. Tapi terkadang, secara paksa, faktor keturunan atau gaya hidup menyebabkan diabetes menjadi bagian dari hidup. Jika sudah terdiagnosis diabetes, penderita wajib tahu secara mendetail apa yang mereka hadapi dan apa yang harus dilakukan.

Sebelum memulai upaya perlawanan terhadap diabetes, pemahaman mendalam mengenai penyakit itu sangat diperlukan. Satu pertanda paling niscaya ketika diabetes menyerang adalah naiknya kadar gula darah. Gangguan-gangguan lain pada tubuh juga akan terjadi bila seseorang terkena diabetes.

Diabetes menyebabkan tubuh tak bisa menggunakan seluruh energi yang diperoleh dari makanan. Mencerna makanan pun menjadi masalah pada sebagian besar pasien diabetes. Masalah-masalah itu dipicu karena terjadi ketidakseimbangan dalam produksi insulin.

Ada dua jenis diabetes, yakni diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Penderita diabetes tipe satu umumnya kekurangan insulin karena tubuh memproduksi insulin dalam jumlah lebih rendah dari yang dibutuhkan. Sedangkan pada diabetes tipe 2, sel-sel tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang diproduksi sehingga tubuh kekurangan energi.

Kedua tipe diabetes itu dapat menyebabkan berbagai perubahan pada tubuh. Pasien diabetes harus menyadari setiap perubahan tubuh yang bisa dialamiya untuk mengambil tindakan pencegahan agar tetap aman.

Perubahan tubuh apa saja yang dihadapi oleh pasien diabetes? Berikut adalah beberapa perubahan tubuh yang rentan dialami pasien diabetes sebagaimana dikutip dari Boldsky, Selasa (4/3/2014).

1. Masalah pada gigi dan gusi
Terjadinya masalah pada gigi dan gusi semakin meningkat jika seseorang terkena diabetes. Penyebabnya karena tubuh lebih rentan terhadap infeksi jamur dan bakteri. Jika menderita diabetes, seseorang bisa mengalami perdarahan, nyeri, atau masalah gusi lain yang lebih parah
Mulut yang kering atau lambatnya penyembuhan setelah perawatan gigi bisa jadi merupakan masalah-masalah yang terkait dengan diabetes. Beberapa penderita diabetes bahkan memerlukan operasi gigi untuk merawat gusi dan gigi mereka.

2. Masalah pada mata
Perubahan kemampuan penglihatan dan masalah pada mata adalah gangguan lain yang menyertai penyakit diabetes. Ada kemungkinan bahwa pembuluh darah di mata rusak akibat diabetes. Kerusakan itu dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari katarak hingga retinopati glaukoma.

Jika mengalami salah satu gejala itu, sebaiknya Anda bergegas menghubungi dan memeriksakan diri ke dokter.

3. Masalah pada kulit
Masalah pada kulit merupakan salah satu perubahan fisik yang dialami penderita diabetes. Sistem saraf sangat dipengaruhi oleh diabetes dan menyebabkan kulit menjadi kering.

Luka bakar dan luka gores tidak mudah sembuh bila Anda menderita diabetes. Bahkan, mungkin juga akan terjadi infeksi jamur atau bakteri pada bagian kaki. Untuk itu penderita harus melakukan penyesuaian diri, misalnya dengan menhindari agar jangan sampai terluka.

4. Gangguan pencernaan
Diabetes membuat tubuh tak bisa memproduksi cukup insulin yang dibutuhkan agar sistem pencernaan dapat bekerja dengan sempurna. Faktanya, beberapa penderita diabetes juga mengalami mual-mual yang cukup membahayakan, yang bisa mengarah pada diare dan gangguan pencernaan lain.

5. Dampak buruk pada saraf
Efek diabetes dapat berimbas pada sistem saraf dan menyebabkan perubahan berarti. Perubahan itu misalnya saraf kaki dan tangan yang menjadi mati rasa atau sering mengalami kesemutan di sepanjang saraf tangan dan kaki. Tak hanya itu, saraf di klitoris dan penis menjadi tidak mampu menyalurkan gairah dan diabetesi menjadi berkeringat berlebih. Gajala-gejala tersebut merupakan pertanda akan terjadinya kerusakan saraf akibat diabetes.

Sumber : detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>