Pemeriksaan Paru Paru dengan Spirometri

Posted on September 5, 2017 by Yasmin Hospital in Artikel

Paru – paru merupakan organ dalam yang berperan penting untuk pernafasan. Jika terdapat gangguan dalam paru – paru, tentu sistem pernafasan juga akan terganggu. Kalau sudah seperti ini, jantung pun juga akan bereaksi dengan bekerja lebih keras lagi. Jika tidak segera diatasi, gangguan pada paru – paru juga akan menyebabkan kematian. Hal tersebut sering terjadi lantaran kesalahannya sendiri yang mengabaikan kesehatan paru – paru dengan menyepelekan gejala awal seperti batuk, kehabisan nafas, nafas berbunyi saat tidur. Pada gejala sesak napas yang terjadi berulang – ulang, dapat menandakan terjadinya Asma. Tetapi benarkah kondisi itu hanya sekadar Asma atau ada gangguan paru – paru kronis lainnya? Saat ini dirumah sakit yasmin telah ada pemeriksaan Paru paru yaitu spirometri. Spirometri adalah tes yang membantu mendiagnosa berbagai kondisi paru – paru, yang paling umum adalah obstruksi paru – paru kronis. Spirometri juga dapat digunakan untuk memonitor kinerja paru – paru dan responnya terhadap perawatan yang sedang dilakukan. Spirometri mengukur kemampuan paru – paru menarik dan menghembuskan napas. Kemampuan ini dapat dipengaruhi oleh adanya penyakit dalam paru – paru seperti obstruksi paru – paru kronis, asma, fibrosis paru dan sistik.
Terdapat berbagai macam alat spirometer, kesemuanya melakukan prinsip kerja yang sama yaitu mengukur besaran udara yang dihembuskan dan ditarik menggunakan sungkup mulut.
Spirometri juga dapat membantu mengecek apakah perawatan yang dilakukan (misalnya, penggunaan inhaler) benar – benar membantu membuka saluran napas. Hasil bacaan spirometri akan meningkat jika saluran pernapasan menjadi lebih lebar setelah pemberian obat. Secara umum, kondisi asma lebih mungkin memperoleh saluran pernapasan normal dibandingkan kondisi COPD. COPD sendiri dikelompokkan menurut tingkatan keparahannya. Nilai ini diperoleh dari pengukuran FEV1 setelah pasien diberi pengobatan bronkodilator untuk membuka saluran pernapasan
Menurut Manager Laboratorium Aqurat Medika Ibu Zainurrita Dimyati ,Skm “Pemeriksaan spirometri tidak saja penting untuk menentukan diagnosis tetapi juga penting untuk menilai beratnya sumbatan di saluran nafas, berat ganguan pengembangan paru paru dan efek pengobatan. Banyak penderita tanpa keluhan tetapi pemeriksaan spirometrinya menunjukkan penyumbatan atau ganguan pengembangan dan hal ini dapat dijadikan peringatan dini terhadap gangguan fungsi paru yang kemungkinan dapat terjadi sehingga dapat ditentukan tindakan pencegahan secepatnya”
Pemeriksaan Spirometri dapat dilakukan di Laboratorium Aqurat Medika Rumah Sakit Yasmin Jl. Letkol Istiqlah 80-84 Banyuwangi dan untuk keadaan darurat silakan hubungi UGD 24 JAM RS YASMIN di (0333) 423118, info seputar RS YASMIN di www.yasminhospital.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>