PENANGANAN VARISES YANG TEPAT DI RS YASMIN

Posted on August 2, 2016 by Yasmin Hospital in Artikel

Varises    adalah  pembuluh  darah  balik  (vena)  yang  melebar  dan berkelok-kelok  akibat  gangguan  (hambatan)  aliran  darah.  Varises ini  terjadi  lantaran  ketidakmampuan  katup vena  dalam mengatur  aliran darah. Akibatnya  aliran  darah  yang  seharusnya mengalir  lancar  ke arah jantung, mengalami hambatan dan terjadi arus balik sebagian aliran darah vena,  sehingga  pembuluh darah vena melebar dan berkelok-kelok.

Varices  biasanya  terjadi  pada  tungkai, tetapi bisa terjadi pula  pada  kemaluan, tengorokan dan lain lain. Pada tungkai kondisi ini menyebabkan rasa tidak nyaman, mudah lelah, bahkan bisa menyebabkan rasa nyeri yang sangat. Varises ditandai  dengan adanya pembuluh darah berwarna ungu atau biru gelap,  cenderung menonjol dan berkelok, kaki terasa berat,  nyeri, gatal ,rasa terbakar, kram pada malam hari. Pada kondisi yang sangat parah bisa timbul luka yang sangat lama penyembuhannya, bahkan bisa terjadi perdarahan.

Ada beberapa faktor dapat menyebabkan varises, seperti perubahan tingkat hormon pada wanita hamil, menopause, penggunaan pil KB, estrogen, dan progesteron. Penyebab lain diantaranya kegemukan atau aktifitas yang terlalu berat.

Pada tingkat ringan varises cukup ditangani dengan mengkonsumsi obat. Pada kondisi yang lebih berat diperlukan injeksi untuk menanggulanginya. Selain melakukan terapi yang diberikan oleh dokter ahli, pasien dengan diagnosa varises harus mengubah kebiasaan. Diantaranya menghindari pakaian yang terlalu ketat dan melipat kaki saat berolahraga, mengurangi waktu duduk atau berdiri terlalu lama. Karena saat duduk atau berdiri yang terlalu lama kaki akan mengampu beban tubuh bagian atas hal ini akan memperparah varises. Selain itu pasien diharapkan melakukan olahraga kecil seperti berjalan kaki atau lari lari kecil saat sore dan/atau pagi hari selama beberapa menit saja yang dilakukan  dengan rutin. Olahraga tersebut disarankan agar sirkulasi darah pada bagian kaki menjadi lancar. Dan untuk wanita dianjurkan untuk tidak menggunakan alas kaki bertumit tinggi.

Sedangkan untuk kondisi varises yang sudah sangat berat, diperlukan operasi untuk membuang pembuluh darah yang bermasalah tersebut. ”Pembedahan ini perlu dilakukan untuk menghindari komplikasi lebih lanjut” tutur dr. Radhi Bakarman,SpB.FICS dokter Ahli Bedah Rumah Sakit Yasmin Untuk informasi lain silahkan konsultasi ke Poli Bedah Rs Yasmin dengan dokter Radhi Bakarman,SpB,FICS Praktek Pagi Senin s/d kamis Pukul 12.00 s/d 14.00 WIB, Jum’at 13.00 s/d 14.00 WIB , Malam Senin s/d Jum’at Pukul 18.00 – 21.00 WIB.

Pencarian Artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>