Pengelolaan Diabetes Militus dengan Pemeriksaan HBA1C di RUMAH SAKIT YASMIN

Posted on July 8, 2016 by Yasmin Hospital in Artikel

Penyakit diabetes mellitus (DM) adalah penyakit menahun dimana produksi insulin berkurang dan bekerjanya kurang baik. Insulin adalah hormon yang membantu tubuh mendapatkan makanan untuk energy dan pertumbuhan.
Setiap hari kadar gula darah akan naik dan turun, jika seseorang menderita diabetes naik dan turunnya kadar gula dalam darah bisa mencapai tingkat mengkhawatirkan, oleh karena itu penderita diabetes wajib melakukan cek atau pemeriksaan gula darah secara rutin
Diabetes Tanpa pengobatan yang tepat dan dibiarkan tidak terkendali maka DM akan menimbulkan penyulit-penyulit yang dapat berakibat fatal seperti penyakit jantung, ginjal, kebutaan dan amputasi.
Penderita DM harus dapat menjaga agar konsentrasi glukosa darahnya senormal mungkin untuk mencegah timbulnya komplikasi, oleh sebab itu diperlukan pemeriksaan laboratorium secara rutin untuk pemantauan konsentrasi gula darahnya.
Pada umumnya dokter akan menganjurkan penderita diabetes militus untuk melakukan pemeriksaan gula darah puasa dan gula darah 2 Jam setelah makan, dengan persiapan penderita harus puasa dulu antara 8 sampai 16 jam sebelum melakukan pemeriksaan. Hasil laboratorium yang didapatkan bisa menggambarkan kadar gula darah penderita pada saat itu, namun kelemahannya tidak bisa menggambarkan kepatuhan pasien dalam berdiet selama bulan-bulan sebelumnya. Yang terbaru di RUMAH SAKIT YASMIN saat ini telah ada pemeriksaan kadar gula yang disebut HbA1c.
Pemeriksaan HbA1c ini dapat memberi gambaran kadar gula darah dalam kurun waktu 3 bulan ke belakang. Pemeriksaan ini adalah pemeriksaan yang cukup penting untuk kontrol gula darah bagi penderita dan sangat banyak manfaatnya baik untuk pemantauan kepatuhan diet penderita diabetes atau juga orang yang memiliki reskio terkena penyakit diabetes. Pemeriksaan HbA1c juga dapat memberikan informasi apakah obat diabetes yang diminum cukup efektif atau tidak dalam mengkontrol kadar gula darah. Dengan demikian dokter bisa memberi saran atau pengobatan yang tepat ke penderita diabetes.
Menurut Manager Laboratorium ibu Zainurita, AmdK,SKM “Pemeriksaan HbA1c ini sangat disarankan untuk mengontrol kadar gula darah disamping pemeriksaan kadar gula darah puasa dan 2 jam setelah makan. HbA1c dapat memberikan gambaran rata-rata glukosa darah selama 1-3 bulan, dan juga pada pemeriksaan HbA1c tidak dipengaruhi oleh asupan makanan, olahraga ataupun obat yang dikonsumsi”
Pemeriksaan HbA1C merupakan salah satu standart terbaik dalam pemeriksaan diabetes, namun pemeriksaan ini tidak boleh dilakukan dengan sembarangan.Silahkan konsultasikan dengan dokter anda untuk mendapatkan rekomendasi Pemeriksaan HbA1c.
Laboratorium Aqurat Medika RS YASMIN siap Melayani 24 dalam 7 hari. Info lebih lanjut seputar RUMAH SAKIT YASMIN silahkan kunjungi www.yasminhospital.com

Pencarian Artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>