Penyakit Lupus, Mengenal dan Memahami Gejalanya

Posted on September 9, 2017 by Yasmin Hospital in Artikel

Mengenal Penyakit Lupus dan Gejalanya. Belum banyak orang yang mengetahui tentang penyakit lupus.Namun sebenarnya penyakit ini merupakan penyakit berbahaya yang mamatikan setara denga kanker atau jantung. Penyakit lupus menyerang pembuluh dan jaringan ikat darah sehingga menimbulkan dampak luas bagi tubuh.

Gejala awal penyakit ini umumnya muncul ruam kemerahan pada kulit terutama pada bagian wajah. Penderita penyakit lupus akan mengalami perubahan wajah yang buruk dan menyeramkan seperti serigala. Penyakit lupus bisa menyerang siapa saja, maka dari itu anda perlu mengetahui beberapa gejala awal penyakit ini agar bisa melakukan pencegahan dini.
mengenal-gejala-penyakit-lupus

Secara garis besar penyakit lupus dibagi menjadi dua golongan yaitu lupus eritematosus discoid, dan lupus eritematosus sitemik. Penyakit ini termasuk pada penyakit imun atau reaksi yang menyerang jaringan ikat kulit. Beberapa faktor yang bisa memicu timbulnya penyakit ini adalah trauma fisik, faktor lingkungan yang buruk, inveksi virus, faktor hormon, strees dan genetic.
Agar bisa melakukan pencegahan dini, anda perlu mengetahui beberapa macam gejala umum penyakit lupus.

Gejala Penyakit Lupus:

Terjadinya kelainan pada kulit dan selaput lendir, organ dalam, otot, dan sendi. Penyakit ini juga bisa ditandai dengan gejala konstitusi seperti demam, berat badan menurun, lelah, dan kehilangan semangat beraktivitas. Muncul bercak merah yang simetris pada wajah, berbatas jelas, kulit menipis dan kasar dan meninggalkan bekas cacat pada kulit.

Lupus juga bisa menyerang kulit kepala sehingga bisa menimbulkan kebotakan karena rusaknya akar rambut. Gejala lain bisa Nampak pada hidung, yaitu jaringan parut akan menyebabkan hidung tertarik sehingga bentuk hidung akan meyerupai paruh burung kaka tua. Kelainan lain dapat ditemui pada perubahan bentuk mulut dan telinga.

Setelah mengetahui beberapa gejala penyakit lupus, kini saatnya anda menyimak beberapa saran untuk membantu penyembuhan penyakit ini.

Beberapa hal yang harus anda lakukan untuk menghindari penyakit lupus antara lain:

- Hindari kontak langsung dengan sinar matahari karena bisa membuat penyakit ini semakin parah.
- Kurangi asupan lemak agar penyerapan kalsium berjalan dengan baik.
- Hindari bakteri jahat dan radikal bebas.
- Perbanyak konsumsi makanan bergizi dan kaya akan nutrisi.
- Minum minimal 8 gelas perhari.
- Hindari kelebihan berat badan.

Karena penyakit lupus dapat menyerang siapa saja, jadi anda harus berhati-hati terhadap penyakit ini. Jika terlanjur terdeteksi, anda bisa menerapkan beberapa saran di atas dan segera pergi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>