Penyakit Usus Buntu

Posted on September 13, 2017 by Yasmin Hospital in Artikel

Jakarta, Sebagai salah satu organ di dalam perut yang kerap mengalami peradangan dan nyeri hebat, tak banyak orang tahu apa sebenarnya fungsi usus buntu terhadap kesehatan.

“Usus buntu adalah bagian dari usus besar, tapi sebenarnya fungsinya tidak sama seperti usus besar itu sendiri. Ada jaringan di dalam usus buntu tersebut yang berfungsi sebagai ‘training center’ dalam kekebalan tubuh manusia,” papar DR Dr Rino Alvani Gani, SpPD, K-GEH, FINASIM, dari Divisi Digestif RSCM Kencana, saat berbincang dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (28/5/2014).

Menurut dr Rino, organ ini dimatangkan dan difungsikan sewaktu seseorang masih bayi. Setelah itu, biasanya mulai pada usia 5 tahun, usus buntu tidak memiliki fungsi utama.

Pernyataan tersebut diamini oleh Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD, KGEH, MMB. Ia menyebutkan bahwa fungsi usus buntu sampai saat ini belum diketahui secara pasti.

Sesuai namanya, usus buntu merupakan umbai kecil seukuran 2 sampai 4 inci (5-10 cm) yang buntu dan terletak di perut bagian kanan bawah, berbatasan dengan usus besar dan kecil.

Meskipun kecil, organ yang satu ini kerap meradang dan menimbulkan nyeri hebat di bagian perut. “Bila kekebalan tubuh sedang menurun, usus buntu bisa meradang,” ujar dokter dari Divisi Gastroenterologi, Departemen Penyakit Dalam FKUI-RSCM tersebut.

Nah, radang usus buntu ini kemudian dikenal dengan dua jenis, akut (mendadak) dan kronis (sudah lama). Menurut Dr T. Bahdar Johan, SpPD, dari RS Premier Bintaro, radang usus buntu yang bersifat kronik biasanya rasa nyerinya tidak terlalu hebat dan kambuh-kambuhan. Sedangkan yang bersifat akut, derajat nyerinya lebih hebat, terutama di perut kanan bawah.

Ciri Ciri Usus buntu yang umum terjadi

  • Tubuh mengalami demam. Ciri atau gejala ini biasanya akan muncul setelah perut terasa nyeri. Jika sudah demam, itu artinya infeksi dari usus
  • Usus buntu adalah berupa perut yang teras nyeri di ulu hati. Biasanya orang sering salah kira karena menganggap hal ini adalah sakit maag. Namun, lama kelamaan rasa sakit ini akan berpindah ke sisi kanan bawah peru sesuai letak usus buntu.

Gejala Gejala dari usus buntu

  • Perut Bagian bawah terasa sakit sewaktu ditekan.
  • Sakitnya semakin terasa dari hari ke hari.
  • Sakitnya tidak tertahankan dan menjalar sampai telapak kaki kanan.
  • Konstipasi atau diare juga sering terjadi pada penderita usus buntu. Beberapa diantaranya ada yang  mengalami konstipasi dengan mengeluarkan feses yang disertai dengan lendir.
  • Perut terasa kembung
    Beberapa penyakit seputar sistem pencernaan. Terkadang disertai oleh perut kembung.Perut yang terasa   Kembung sering menyebabkan seseorang sulit untuk membuang gas akibat gas atau udara tertekan didalam   perut secara berlebihan.

Pencegahan Penyakit Usus buntu :

  • Carilah Kesempatan dan tempat yang tepat untuk kentut
  • Jangan Minum minuman yang mengandung gas, alkohol dan soda
  • Hindari makan makanan yang beraroma tajam seperti durian, nangka, mangga, kacang dan kuweni.seandainya terpaksa harus makan, usahakan gasnya menguap lewat mulut
  • Minum air putih

 

Sumber :
http://health.detik.com | http://ususbuntu.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>