Tahukah anda, manfaat mendonor justru lebih banyak didapatkan oleh si pendonor

Posted on August 24, 2017 by Yasmin Hospital in Artikel

Doroh Darah merupakan kegiatan yang sangat mulia dan merupakan bagian terpenting dari sistem kesehatan kita karena dengan donor darah dapat membantu tenaga medis untuk melakukan perawatan dan menyelamatkan hidup pasien. Saat ini banyak kegiatan sosial donor darah yang dilakukan oleh lembaga tertentu, tidak ketinggalan TNI maupun polisi juga sering mengadakannya. Namun kenyataannya, diluar semuaa kegiatan sosial tersebut, ketersediaan kantung darah  selalu tidak mencukupi pemintaan transfusi. Sehingga, tidak jarang saat dibutuhkan, keluarga pasien yang membutuhkan tetap mencarikan pendonor baru. Ini cerminan bahwa masyarakat kita masih sedikit sekali yang menyadari manfaat mendonorkan darahnya.

Selama ini kebanyakan masyarakat hanya mengetahui donor darah hanya bermanfaat bagi penerima donor saja, seperti pada kasus pendarahan karena kecelakaan lantas, maupun karena penyakit seperti DBD sehingga diperlukan pengganti darah yang telah hilang. Tahukah anda, manfaat mendonor justru lebih banyak didapatkan oleh si pendonor.

Apa saja manfaat mendonorkan darah? Menurut berbagai studi dunia, donor darah teratur 2x/tahun bisa menurunkan resiko serangan jantung dan ganguan pembuluh darah lainnya 30-88% lebih banyak daripada orang yang tidak donor darah.

Selain itu mendonorkan darah dapat menurunkan level besi dalam darah yang tinggi. Level besi dalam darah yang tinggi ini mempercepat oksidasi kolesterol, yang memadatkan konsistensi kolesterol, sehingga gesekan terhadap pembuluh darah meningkat akhirnya menyebabkan perlukaan pembuluh darah. inilah cikal bakal munculnya penyakit pembuluh darah seperti serangan jantung dan stroke serta gangguan pembuluh darah lainnya.

Zat besi berlebih dalam darah juga merupakan radikal bebas sehingga berkaitan dengan angka kejadian kanker, terbukti dari berbagai literatur penelitian mengatakan jika seseorang rutin mendonorkan darahnya, maka resiko terkena kanker juga akan menurun.

Donor darah ternyata juga bermanfaat bagi kecantikan, terutama bagi mereka yang menjalani program diet. Sebanyak 650 kkalori akan terbakar dari setiap kantong darah yang didonorkan.

Selain itu, mendonorkan darah secara rutin membantu menjaga tubuh tetap fit. Sel darah memiliki usia relatif 100 hari. Setiap 100 hari, sel darah akan mati dan akan digantikan oleh sel darah yang baru. Itulah mengapa bagi mereka yang mendonorkan darahnya setiap 3 bulan sekali mendapatkan produksi darah baru dalam jumlah banyak yang dihasilkan oleh sumsum tulang sebagai pabrik penghasil sel darah. Sumsum tulang akan dirangsang untuk memproduksi darah muda untuk menggantikan darah yang telah didonorkan. Dengan darah yang baru, tentu kita akan merasa lebih segar dan sehat kan.

Manfaat lainnya tentu saja setiap mendonorkan darah, pendonor akan mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis seperti tekanan darah, golongan darah, bahkan bisa cek HIV dan hepatitis gratis. Bahkan pendonor darah akan membuat pendonor bahagia, soalnya dengan darahnya dia bisa membantu sesama.

Jadi, jangan ragu untuk menyumbangkan darah mu, donorkan secara rutin, sehingga persediaan darah selalu cukup dan tentu saja meringankan beban bagi mereka yang membutuhkan.

Untuk keadaan darurat silahkan hubungi UGD 24 RS YASMIN di (0333) 423118 . info seputar RS YASMIN di www.yasminhospital.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>