TIPS BERMUDIK SEHAT OLEH RUMAH SAKIT YASMIN

Posted on August 27, 2017 by Yasmin Hospital in Artikel

Sebagai negara dengan penduduk terbesar muslim, Indonesia memiiki agenda tersendiri ketika lebaran tiba. Mudik merupakan kata yang lekat bagi perantauan untuk kembali ke daerah asal bertemu sanaksaudara dan keluarga. Tentunya anda tak ingin perjalanan dan mudik anda terganggu dengan problem kesehatan anda. Disamping mempersiapkan akomodasi perjalanan tentunya perlu kita mempersiapkan kesehatan untuk menghadapi mudik.

Penting untuk mengetahui perjalanan yang anda tempuh, kendaraan anda, daerah yang anda tuju, kondisi kesehatan dan riwayat penyakit sebelumnya. Istirahat merupakan modalitas utama untuk mempersiapkan fisik anda sebelum perjalanan, sebaiknya beristirahat mulai dari sehari sebelum perjalanan.Perlunya anda memeriksakan fisik anda 4-6 minggu sebelum perjalanan untuk mengetahui kondisi fisik sebelum perjalanan, jika tidak memungkinkan masih dapat diperkenankan untuk segera memeriksakan kondisi fisik tepat sebelum perjalanan. Tanyakan ke dokter anda jika sedang sakit, ada baiknya untuk menunda perjalanan. Konsultasikan juga kepada dokter anda jika pemudik merupakan bayi, anak, orang tua, dan wanita hamil. Wanita hamil trimeseter 3 menjelang persalinan hindari bermudik.

Beberapa daerah yang dituju bisa menjadi rawan kesehatan seperti malaria. Konsultasikan ke dokter anda untuk mendapat pencegahan pada daerah-daerah tertentu yang rawan penyakit. Selama perjalanan hendaknya menepi beristirahat setiap 3-4 jam sambil menggerakkan badan, terutama anggota tubuh bagian bawah setelah lama duduk untuk menghindari gangguan sirkulasi pembuluh darah dan kelelahan.

Cuaca, suhu, berkeringat, aktivitas, dan lamanya perjalanan akan memengaruhi cairan tubuh selama mudik anda. Rencanakan perjalanan anda, terutama bagi yang berpuasa,waktu keberangkatan anda saat berpuasa atau setelah berbuka. Kurangnya cairan tubuh, atau yang disebut dehidrasi bergejala antara lain merasa haus, pusing, nyeri, kulit terasa kering, kurangnya produksi urin atau urin berwarna gelap. Hindari minum kopi dan meminum manis (softdrink) selama perjalanan untuk mengurangi efek berkemih dari minuman tersebut dan dapat mengakibatkan dehidrasi. Sedia botol minum dan cukup minum untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Bawalah obat-obat yang biasa dikonsumsi, terutama pada penderita dengan riwayat khusus memiliki penyakit sebelumnya, misalkan darah tinggi, diabetes, dan asma. Bawa obat yang biasa dikonsumsi, obat cadangan, dan salinan resep sebelumnya untuk berjaga-jaga jika obat anda hilang. Disamping itu bawalah obat-obat seperti obat penurun panas, pereda nyeri, dan oralit, untuk berjaga-jaga selama perjalanan. Jangan lupa juga untuk membawa perlengkapan P3K seperti plester, kain kasa steril, dan betadine untuk perawatan luka. Segera periksakan kondisi anda di fasilitas kesehatan selama perjalanan jika perlu.

Tentunya pemerintah dan banyak instansi lain menyediakan pos-pos kesehatan tentu akan membantu perjalanan anda. Banyak hal yang dapat dicegah jika kita mampu mempersiapkan perjalanan mudik kita dengan baik. Beristirahatlah jika mengantuk dan berhati-hati berkendara. Semoga mudik anda sehat, lancar dan aman.

Untuk keadaan darurat, silahkan hubungi IGD 24 JAM RS YASMIN di nomor telepon (0333) 423118. Info seputar RS Yasmin 0333 424671 | Web www.yasminhospital.com

Follow Social Media RS YASMIN

Instagram : @yasminhospital | Facebook : yasminhospital | Twitter : @yasminhospital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>