Tips sehat dan tetap bugar selama menjalani ibadah puasa

Posted on August 17, 2017 by Yasmin Hospital in Artikel

Allhamdulillah, kita berjumpa lagi dengan bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah, dimana banyak ibadah yang dilipatgandakan pahalanya. Yang paling khas bagi kita adalah ibadah puasa, karena pada bulan inilah kita sebagai umat islam menjalani puasa penuh selama sebulan (bagi yang tidak ada uzur). Nah, ibadah yang mewajibkan kita berhenti mengkonsumsi air dan makanan selama 14 jam, bahkan lebih, mungkin membuat kita merasa tidak sebugar saat tidak puasa. Berikut adalah beberapa tips sehat dan tetap bugar selama menjalankan ibadah puasa, yang saya kutip dari beberapa sumber, mudah-mudahan bermanfaat.

  • Usahakan tetap makan sahur setiap harinya. Karena tubuh tidak akan mendapatkan asupan makanan selama 14 jam. Selain itu makan sahur juga merupakan anjuran syariat, karena terdapat keberkahan padanya.Saat sahur usahakan untuk membatasi asupan teh dan kopi. Karena dua asupan tersebut membuat metabolisme berjalan cepat, sehingga cepat mendatangkan rasa haus meski tidak dehidrasi.Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang lambat dicerna dan memiliki serat yang tinggi, seperti gandum, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian, dan nasi merah.
  • Saat berbuka puasa dianjurkan untuk mengkonsumsi kurma karena mengandung gula serat, karbohidrat, kalium, dan magnesium. Dengan kurma, kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama puasa perlahan terpenuhi.
  • Batasi makanan yang digoreng saat berbuka, karena dapat meningkatkan sel-sel lemak dalam tubuh.
  • Batasi makanan yg lebih cepat dicerna seperti gula. Hal ini bisa cepat mendatangkan rasa haus ditengah anda menjalani puasa nantinya.
  • Konsumsi air atau buah antara berbuka puasa dan sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk menyediakan kebutuhan cairan dalam tubuh untuk kelancaran aktivitas esok harinya.
  • Hindari terlalu banyak minum es, karena memudahkan anda kenyang. Sementara asupan makanan gizi yang lengkap belum terpenuhi.
  • Berolahraga 30-60 menit juga penting untuk tetap dilakukan selama puasa untuk menjaga kebugaran tubuh. Olahraga sebaiknya dilakukan sore hari, pada jam yang tidak terlalu jauh dari jadwal berbuka, agar cairan tubuh yang hilang saat olahraga dapat segera tergantikan dengan berbuka.

Demikian beberapa tips dari saya, mudah-mudahan puasa kita lancar dan amal ibadah kita diterima Allah SWT. Amin.

Narasumber : dr. Siska Yunita - Dokter umum RS YASMIN :

One Comment

  1. Thank you Yasmin Hospital

Pingbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>